Punya Tempe yang Hampir Busuk? Olah Menjadi Makanan Nikmat Ini

karim6000

Apa yang kamu lakukan ketika memiliki makanan yang terlihat hampir busuk? Pasti kamu akan langsung berencana untuk membuangnya. Namun, tahukah kamu bahwa ternyata untuk tempe, kamu bisa mengolahnya menjadi makanan nikmat meskipun kondisinya hampir busuk. Beberapa makanan ini bahkan terkenal menjadi makanan khas daerah, seperti orem orem yang bisa kamu temui saat pergi ke tempat oleh oleh Malang. Banyak tempat oleh – oleh Malang seperti toko Pia Mangkok merah yang menjualnya.

Nah, selain orem orem Malang, masih banyak lagi kuliner khas beberapa daerah yang menggunakan tempe hampir busuk atau tempe semangit sebagai bahan dasarnya. Bahkan, terkadang ada yang memang dengan sengaja membiarkan tempe segarnya begitu saja hingga menjadi setengah busuk sehingga bisa membuat kuliner-kuliner ini. Penasaran apa saja jenis makanannya? Langsung saja yuk kita bahas!

    • Orem orem

 

Seperti yang sudah disebutkan di atas, orem orem merupakan salah satu kuliner khas Malang yang memanfaatkan tempe semangit sebagai bahan dasarnya. Orem orem adalah lontong dan toge rebus yang disajikan dengan disiram kuah santan yang telah dibumbui bersamaan dengan tahu dan tempe semangit. Ada beberapa tempat makan orem oreng yang menyajikannya dengan irisan ayam, tetapi ada juga yang menggunakan telur rebus. Tentunya, kamu bisa menyesuaikannya dengan seleramu.

    • Mendol tempe

 

Mendol tempe merupakan olahan tempe semangit yang bisa menjadi camilan maupun lauk untuk teman makan nasi. Mendol tempe dibuat dengan menghancurkan tempe dan kemudian dicampurkan dengan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Bumbunya sendiri adalah bumbu standar, seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, ketumbar, kencur, dan cabai. Agar adonan ini tidak berantakan saat kamu menggorengnya, maka digunakanlah tepung. Mendol tempe sangat nikmat sekali jika kamu mengonsumsinya selagi hangat.

    • Sambal tumpang

 

Setelah mengenal kuliner khas Malang, kali ini kita akan membahas kuliner khas Solo yang juga memanfaatkan tempe semangit sebagai bahan dasarnya, yaitu sambal tumpang. Meskipun namanya sambal, tetapi makanan ini sebenarnya sejenis makanan berkuah yang kerap dijadikan sebagai lauk teman makan nasi. Secara tampilan sekilas, sambal tumpang mirip seperti orem orem, bedanya hanyalah pada sambal tumpang menggunakan cabai sehingga warnanya lebih merah dan ada rasa pedasnya. Selain itu, untuk menambah kenikmatannya, sambal tumpang juga menggunakan kerupuk kulit atau krecek.

Wah, ternyata cukup banyak yang kuliner yang terbuat dari tempe semangit atau tempe hampir busuk. Jadi, mulai sekarang kamu jangan langsung membuang tempe ketika merasa sudah tidak ssegar lagi ya. Sebab kamu bisa mengolahnya menjadi salah satu dari 3 makanan nikmat di atas.

Namun, ingat ya bahwa tempe yang digunakan dalam kondisi hampir busuk, artinya bukan tempe yang sudah benar-benar busuk. Karena bisa jadi, jika kamu menggunakan tempe dalam kondisi benar-benar busuk, kamu justru mengalami masalah kesehatan. Jadi pastikan untuk memerhatikan hal ini saat mencoba membuat masakan di atas ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *