APRIL Group, Perusahaan Sukanto Tanoto yang Sukses Go Internasional

karim6000

Sumber: aprilasia.com

Kesuksesan bisnis Sukanto Tanoto dan grup bisnis Royal Golden Eagle (RGE) yang dipimpinnya tidak hanya mengular di bumi Nusantara. Beberapa unit bisnisnya juga ada yang sukses menjamah pasar yang lebih besar, pasar internasional. Pencapaian tersebut tidak lepas dari tangan dingin sang pendiri grup RGE dalam menjalankan bisnisnya. Selain memiliki kegigihan tinggi, Sukanto Tanoto juga dikenal visioner dan berani mengambil risiko.

Cara pandang Sukanto Tanoto yang visioner dapat dilihat dari banyaknya bisnis yang ia geluti. Namun yang menarik di sini, setiap unit bisnisnya saling terhubung hingga membentuk jaringan yang saling terintegrasi. Dari beberapa unit bisnis yang ia bangun dan kembangkan, APRIL Group adalah salah satu mahakarya yang nama dan produknya sukses menggema ke seluruh dunia.

Pemain Penting dalam Industri Pulp dan Kertas

APRIL Group merupakan salah satu unit bisnis RGE yang bergerak dalam industri pulp dan kertas. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1993 dan merupakan salah satu unit bisnis Sukanto Tanoto yang berhasil bertahan dari guncangan krisis yang melanda Asia dan Indonesia pada tahun 1997 lalu. Meski berkantor pusat di Singapura, area operasi APRIL Group berada di Indonesia dan Cina.

Perusahaan Sukanto Tanoto tersebut memiliki kapasitas produksi yang sangat besar. Setiap tahunnya, APRIL Grup bisa menghasilkan 2,8 juta ton pulp dan 1,15 juta ton kertas. Dengan jumlah produksi yang begitu besar, tak mengherankan jika APRIL Group dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terbesar di dunia.

Salah satu anak usaha APRIL Group, yakni PT RAPP (Riau Andalan Pulp and Paper) yang berlokasi di Provinsi Riau, Indonesia dikenal memiliki pabrik pulp terbesar di dunia. Kapasitas produksinya mencapai 2 juta ton per tahun. Angka tersebut menyumbang lebih dari setengah dari total pulp yang diproduksi APRIL Group setiap tahunnya.

Selain dikenal sebagai salah satu produsen pulp dan kertas terbesar di dunia, APRIL Group juga dikenal akan produknya yang telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

PaperOne yang merupakan produk andalan APRIL Group dikenal memiliki kualitas flagship. Namun tidak hanya itu saja. Produk buatan perusahaan Sukanto Tanoto tersebut juga 100% terbuat dari serat terbarukan yang diambil dari perkebunan yang menerapkan praktek pertanian berkelanjutan.

Anggota Tropical Forest Alliance 2020

Selain menjadi salah satu pemain penting dalam industri pulp dan kertas dunia, APRIL Group juga dikenal sebagai perusahaan yang aktif menjalankan program pertanggungjawaban sosial (CSR). Di panggung dunia, perusahaan Sukanto Tanoto tersebut juga dikenal aktif terlibat dalam upaya pelestarian lingkungan.

Komitmen APRIL Group dalam melestarikan lingkungan semakin dikuatkan dengan keterlibatannya dalam Tropical Forest Alliance 2020. Tropical Forest Alliance sendiri merupakan public-private partnership skala global yang memiliki misi untuk mewujudkan pengembangan desa berkelanjutan dan peluang pertumbuhan melalui pengurangan deforestasi dan pengelolaan penggunaan lahan berkelanjutan di negara-negara yang memiliki hutan tropis.

Perusahaan Sukanto Tanoto tersebut juga berkomitmen untuk mengonservasi satu hektar hutan setiap satu hektar lahan perkebunan yang dimiliki. Sejauh ini, bersama dengan mitra yang tergabung dalam RER (Restorasi Ekosistem Riau), APRIL Group telah berhasil mengonservasi dan menjaga 400.000 hektar lahan hutan.

Sepak terjang APRIL Group di kancah internasional menunjukkan kualitasnya sebagai pemain global. Pada Januari 2019 lalu, unit bisnis Sukanto Tanoto tersebut juga sukses meraih penghargaan atas pencapaiannya dalam mewujudkan target UN SDGs (Sustainable Development Goals).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *