Cara Melaksanakan Presentasi Dengan Baik

karim6000
chief executive officer atau biasa disingkat CEO Cara Melakukan Presentasi Dengan Baik

Informasi – Banyak pejabat direktur tertinggi (chief executive officer atau biasa disingkat CEO), manajer pemasaran (marketing manager), account executive (orang yang mempunyai wewenang mengkoordinasi para salesman di distributor iklan, penyiar) yang biasanya tampil anggun di depan kamera, merasa gagal begitu mereka harus berbicara di depan umum.

Di suatu kampus, para mahasiswa juga mengeluh. Menurut mereka banyak dosen yang bakir hanya untuk diri mereka sendiri, sementara ilmunya tidak mengalir. Kita semua memang mempunyai problem yang sama ketika harus berbicara di hadapan publik. Nah kemudian bagaimana cara biar kita bisa mempresentasikan sesuatu di hadapan para penonton (audience) dengan baik? Berikut ulasan-ulasan mengenai tips bagaimana melaksanakan presentasi dengan baik.

1. Jangan membiasakan diri tergantung pada teks

Teks sanggup membunuh bakat, merusak flow (alur), dan membuat jarak. Gunakanlah teks sebagai pointer, atau sekadar untuk membantu kau pada saat-saat tertentu.

2. Ukur secara sungguh-sungguh ‘dalamnya sungai’ (menganalisa siapa para penontonmu)

Pelajari dulu siapa penonton kamu, latar belakang, jalan pikiran, pendidikan, dan jabatan mereka. Jangan asal ‘tembak’ (tidak merencanakan dengan baik).

3. Jangan bicarakan hal yang telah mereka ketahui, atau yang tidak ingin mereka dengar

Selalu sajikan hal-hal yang asli dan unik, jangan merusak mood (keadaan emosional sementara) para penonton dengan pernyataan yang tidak mereka sukai.

4. Jangan biarkan para penonton jenuh

Jaga volume bunyi dan jaga nada biar tidak monoton. Begitu mereka mulai jenuh, ajaklah berdialog, lontarkan sedikit humor bila perlu.

5. Humor dihentikan berlebihan

Humor hanya boleh dipakai untuk membangkitkan daya pikir. Jika berlebihan hal itu akan kehilangan substansi atau bahan pembicaraan.

6. Periksa ruangan dan akomodasi presentasi, termasuk mikrofon (apabila menggunakan) sebelum memulai sebuah presentasi

Hati-hati terhadap ruangan yang mempunyai langit-langit rendah, alasannya yaitu akan membuat diri kau cepat letih. Lalu hindari juga cahaya yang masuk dari beling jendela, alasannya yaitu hal itu sanggup mengganggu konsentrasi kamu. Ruangan yang terlalu sempit juga sanggup membatasi gerakan tubuhmu. Kemudian ruangan yang terlalu lebar sanggup membuat presentasi kau terganggu (tidak fokus). Sedangkan mikrofon dan soundsystem yang jelek juga sanggup menggangu konsentrasimu.

7. Biasakan interaktif (melakukan komunikasi dua arah antara kau dengan para penonton)

Jangan asyik bicara sendiri, berikan kesempatan juga kepada para akseptor untuk memperlihatkan contoh, jawaban, melaksanakan acara tertentu (seperti memperlihatkan teka-teki atau mengajak para penonton tertawa dan lain sebagainya).

8. Be specific (jelas)

Be specific sanggup diartikan jadilah seorang yang menjelaskan suatu hal yang telah keluar dari mulutmu (jika apa yang kau sampaikan yaitu sesuatu yang tidak biasa didengar oleh orang umum/para penonton. Selalu berikan pola dan ilustrasi dari hal-hal yang telah kau ungkapkan, dan sesekali berikan kisah jikalau memadai.

9. Jangan merendahkan mutu

Dengan mengatakan: “Maaf bahu-membahu saya tidak siap.”, “Maaf bahasa Inggris saya payah.”, “Harap maklum! Ini bukan bidang saya.”, “Saya gres belajar.”, dan ungkapan-ungkapan lainnya, itu merupakan hal-hal yang harus dihindari. Sebagian dari insan yaitu makhluk yang malas untuk mendengarkan alasan-alasan menyerupai itu, mereka hanya ingin mendengarkan orang yang layak untuk didengar dan mereka anggap lebih tahu.

10. Latihan yang cukup

Coba lakukan umpan balik (merasakan hasil dari presentasi kita mengenai berkhasiat atau tidaknya, sebagai rangsangan (dorongan) untuk kita bertindak lebih lanjut)! Bila perlu rekam, putar kembali, dan minta pendapat dari orang dekatmu.

Nah, itulah artikel ihwal “Cara Melakukan Presentasi Dengan Baik“. Apabila terdapat kesalahan dalam penulisan, mohon maaf. Jika ada kritik, saran maupun hal-hal lainnya, bisa menghubungi Admin di sajian yang telah tersedia 🙂 Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa membawa imbas yang baik.

“Gambar dan isi goresan pena di dalam postingan ini diambil dan diperbaharui dari banyak sekali sumber, mohon maaf apabila terdapat kesalahan, baik itu maksud dari isi postingan ini atau kesalahan apapun. Bijaklah dan selalu berguru untuk mengambil sisi positifnya ya sob!”

Kata kunci terkait pada artikel ini:

Tips ampuh melaksanakan presentasi dengan baik